Ini Dia, Salah Satu Desainer yang Sukses

Minggu, 21 Oktober 2018 - 08:19 WIB
Ini Dia, Salah Satu Desainer yang Sukses
Ini Dia, Salah Satu Desainer yang Sukses
A A A
CHRISTIAN Siriano adalah desainer muda yang karya-karyanya jadi andalan para selebriti di karpet merah.

Pemenang kompetisi Project Runway musim keempat ini memiliki gaya rancangan yang dramatis namun tetap elegan.Laki-laki yang akrab disapa Siriano ini lahir dan dibesarkan di Annapolis, Maryland, Amerika Serikat.

Sejak masih di sekolah dasar, dia sudah sering mengikuti kelas teater, dari sanalah dia mulai tertarik dengan kostumkostum yang dramatis. Minat Siriano pada desain kostum menginspirasinya untuk mengejar karier di dunia mode.

“Saya mulai mendesain pakaian pada usia tiga belas tahun,” ujar Siriano, seperti dilansir V ogue.com. Untuk mengejar impiannya, Siriano menghabiskan satu tahun di Broadneck Senior High School, sebelum pindah ke Baltimore School for the Arts.

Sebenarnya dia tertarik bersekolah di Fashion Institute of Technology, namun sayangnya dia ditolak. Dia pun memilih untuk belajar di luar negeri, tepatnya di American InterContinental University di London, Inggris.

“Saya mengikuti rekomendasi dari seorang guru selama tahun senior saya. Saya mulai magang di Vivienne Westwood, dan kemudian di Alexander McQueen yang merupakan desainer favorit saya,” ujar Siriano.

Setelah lulus kuliah, Siriano kembali ke New York. Selama kurun waktu tertentu, dia menjadi make-up artist freelance dan membuat gaun pernikahan untuk klien pribadinya. Dia juga sempat magang di Marc Jacobs.

Tak lama kemudian dia memutuskan untuk mengikuti audisi kompetisi desain busana Project Runway, setelah menerima saran dari ibu seorang temannya. Siriano berhasil lolos audisi Project Runway pada musim keempat tahun 2008.

Selama kompetisi berlangsung, dia berhasil tampil dengan gemilang dan maju ke babak final. “Orang-orang memang memperingatkan saya tentang stigma yang melekat pada reality show.

Namun, saya memutuskan sejak awal untuk menciptakan koleksi yang unik sehingga orangorang mengenal saya dari koleksi saya, bukan dari reality show,” ujar Siriano. Di babak final, dia mengalahkan pesaingnya dengan gaun adibusan yang terisnpirasi dari cerita Musketeer dengan menampilkan ruffles, bulu, dan headwear.

Victoria Beckham yang menjadi juri tamu di acara kompetisi tersebut memuji karya Siriano dan mengatakan, “Saya merasa terhormat untuk mengenakan gaun rancangan Siriano.” Siriano pun berhasil memenangi Project Runway pada musim keempat.

Dia pun berhak menerima sejumlah hadiah berupa mobil baru, uang sebesar USD100.000 (Rp1,5 miliar) untuk menciptakan lini pakaiannya sendiri dan publisitas eksklusif dari majalah Elle. Tak lama kemudian, Siriano mendirikan label dengan namanya sendiri, yakni Christian Siriano.

Koleksinya dijual di Saks Fifth Avenue dan Neiman Marcus. Dia juga memulai debutnya di New York Fashion Week (NYFW ) pada 13 September 2008. Sejak saat itu, dia secara rutin memamerkan koleksi rancangan terbarunya selama 10 tahun terakhir.

Koleksi busana desainer keturunan Italia dan Jerman tersebut dengan cepat dikenal di kalangan selebriti Hollywood. Tak terhitung banyaknya selebriti yang mengantre untuk dibuatkan gaun olehnya.

Mulai dari Oprah Winfrey, Celine Dion, Taylor Swift, Rihanna, Sarah Jessica Parker, Nicki Minaj, Victoria Beckham, Solange Knowles, Cardi B, hingga Shailane Woodley. Gaun rancangannya pun sering menjadi langganan para selebriti saat melenggang di karpet merah.

Di acara Golden Globes, Siriano menciptakan 10 gaun untuk para selebriti. Menariknya, 10 gaun tersebut dibuat dengan satu warna yang sama, yakni warna hitam. Warna hitam ini untuk menandai kampanye Time’s Up untuk melawan pelecehan seksual.

“Saya menciptakan gaun untuk Rachel Bloom dan Issa Rae. Keduanya dinominasikan untuk aktris terbaik dalam komedi,” ujar Siriano. Sementara itu, di acara Oscars 2018, Siriano kebanjiran pesanan karena membuatkan gaun Oscars untuk 17 selebriti.

Dia merancang gaun untuk Laurie Metcalf, Kelly Ripa, Whoopi Goldberg, Lindsay Vonn, Janet Mock, Amy Adams, dan masih banyak lagi. Secara keseluruhan, dia merancang 19 gaun Oscars karena ada dua selebriti yang meminta dibuatkan dua gaun.

Satu untuk Oscars, satu untuk after party. “Studio saya seperti zona perang dengan kain motif custom milik selebriti berceceran di mana-mana. Kami mengirimkan banyak sekali gaun pada musim ini.

Ini gila!” ujar Siriano Siriano merasa terhormat ketika diminta mendesain busana untuk Michelle Obama. Busana midi dress berwarna biru tersebut dikenakan saat pidato di Konvensi Nasional Partai Demokrat pada 25 Juli 2016. “Ini adalah momen yang sangat besar, malam yang sangat besar. Itulah mengapa gaunnya cukup sederhana,” ucap Siriano.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4313 seconds (0.1#10.140)